PWI Babel Kembali Gelar UKW, Ayo Ikuti dan Simak Persyaratannya

Watermark Jk 2024 20240426 170256 0000
banner 468x60

JK.COM, PANGKALPINANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan.

Ketua PWI Babel, M Fathurrakhman (Boy) mengungkapkan, pelaksanaan UKW yang kali ini difasilitasi Dewan Pers itu, rencananya akan diselenggarakan di Kota Pangkalpinang, pada 14-15 Juni 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Pria yang kerap disapa Boy itu melanjutkan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon peserta UKW, sudah mulai dibuka per-tanggal 25 April-5 Mei 2024.

“Di tahun 2024 ini, kami membuka pendaftaran UKW untuk 3 jenjang, yakni Muda (3 Kelas), Madya (2 Kelas) dan Utama (1 Kelas),” ucap Boy, kepada wartawan, di Pangkalpinang, Jumat (26/4/2024).

“Bagi para peserta yang akan mengikuti UKW, segera lengkapi berkas, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Kalau berkas yang diminta tidak lengkap, otomatis akan ditolak oleh Dewan Pers,” lanjutnya.

“Jadi, walaupun UKW ini terbuka untuk semua wartawan, akan tetapi kami (PWI Babel) sebagai panitia penyelenggara, tetap selektif khususnya dalam proses pemberkasan calon peserta,” lanjutnya lagi.

Boy menambahkan, bagi perusahaan pers yang berbadan hukum lengkap, harus melengkapi legalitas perusahaan pers-nya, meliputi Akte Notaris dan SK Kemenkumham.

“Kalau media yang sudah terverifikasi faktual Dewan Pers, cukup melampirkan fotocopy sertifikat verifikasi dan SK Menkumham saja, kalau belum terverifikasi faktual Dewan Pers, harus melengkapi lampiran Akte Notarisnya, serta SK Menkumham,” terang Boy.

Tak lupa, dalam kesempatan itu Boy mengajak seluruh anggota PWI Provinsi Kepulauan Babel dan PWI Daerah untuk mengikuti UKW, apabila sudah dirasa cukup umur untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi.

“Cukup umur yang kami maksud adalah, jika ada yang ingin ikut UKW jenjang Wartawan Muda, calon peserta harus sekurang-kurangnya telah bekerja selama 1 tahun sebagai wartawan, pada media berbadan hukum perusahaan pers,” jelasnya.

“Kemudian, untuk yang ingin mengikuti UKW jenjang Wartawan Madya, calon peserta harus sekurang-kurangnya 3 tahun, menyandang kompetensi Wartawan Muda,” bebernya.

“Sementara, untuk yang ingin mengikuti UKW jenjang Wartawan Utama, calon peserta harus sekurang-kurangnya 2 tahun, menyandang kompetensi Wartawan Madya,” tambahnya.

Adapun syarat- syarat yang harus dipenuhi dan dilengkapi bagi para peserta yang akan mengikuti UKW adalah sebagai berikut :

A. Kelengkapan administrasi calon peserta UKW Jenjang Muda:

(1) Pas foto (background putih/biru/merah).

  • Mengenakan baju kemeja atau jas bukan kaos.
  • Menghadap ke depan.
  • Tidak berbingkai/garis tepi.
  • Tidak Nampak gigi.
  • Tidak mengenakan tutup kepala (topi/peci).

(2) File foto KTP.

(3) File foto kartu anggota PWI (bagi yang sudah menjadi anggota).

Pos terkait

banner 300x250